10 Aneka Resep Nasi Kuning

 

Hari ini adalah ulang tahun anakku jadi aku bermaksud membuat nasi kuning untuk merayakan nya. Aku dari dulu memang di didik oleh orang tua untuk tidak mengadakan acara ulangtahun seperti layaknya orang lain, yang mengundang anak2 lain kerumah dan llau ada acara tiup lilin segala. Tapi hanya cukup dengan membuatkan nasi tumpeng atau nasi kuning dan lalu dibagikan ke tetangga sebagai rasa syukur kepada ALlah SWT. Nah dibawah ini aku dapatkan TOP resep Nasi Kuning yang kudapat dari Google.:

Aneka Resep Nasi Kuning

clip_image002

Resep yang akan kita bahas kali ini bisa dibilang “kerabat dekat” dengan resep yang telah kita bahas sebelumnya yaitu resep nasi uduk, hanya saja warnanya yang kuning lah yang membedakannya. Anda pasti sudah tahu, ya kali ini kita akan membahas tentang resep nasi kuning. Dalam pengolahannya,resep nasi kuning ini ada yang mengunakan santan ada juga yang tidak, hal itu tergantung dengan kebiasaan dari daerah masing-masing karena setiap daerah pasti berbeda.

Resep nasi kuning ini biasa dihidangkan sebagai tumpeng dalam berbagai acara perayaan dan disajikan dengan berbagai makan pelengkap lain seperti telur, berbagai resep ayam, kentang, dll.seperti halnya resep nasi uduk,  Resep nasi kuning ini pun sering digunakan sebagai makanan sarapan oleh sebagian orang. Untuk anda yang ingin mencoba membuatnya, saya berikan resepnya dibawah ini.

Bahan :

800 gram beras yang sudah dicuci bersih kemudian tiriskan
1 liter santan dari 1 butir kelapa

Bumbu:

2 sendok mmakan kunyit parut
2 lembar daun salam
2 batang serai, geprek
1 sendok makan air perasan jeruk nipis
Garam dan lada secukupnya.

Cara Membuat:

1. Kukus beras yang telah dicuci bersih hingga setengah matang, sehingga menjadi beras aron.
2. Didihkan santan, dan bumbu-bumbu kecuali air jeruk nipis. Setelah mendidih kemudian masukkan nasi aron. Masak nasi di atas api kecil dan terus aduk sampai santan terserap seluruhnya dan agar santan tidak pecah. Lalau beri air jeruk nipis supaya warna kuning lebih cerah.
3. Setelah santan terserap habis kukus nasi hingga matang.
4. Angkat dan taburi bawang goreng.

Resep nasi kuning lezat diatas tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan sendiri di rumah anda. Atau juka anda ingin menjadikannya peluang usaha, resep nasi kuning ini pun patut untuk di coba.  kunjungi jugaresep ayam dan resep kue kering beserta resep kue basah yang enak tentunya. Nah pembaca selamat menikmati ya.

Resep nasi kuning 1 dari : http://resepcaramembuat.com/resep-nasi-kuning.html

 

===================================================================================

Resep Nasi: Nasi Kuning Sambal Udang

Bikin nasi kuning ternyata gampang. Dengan rice cooker juga bisa. Apalagi dinikmati hangat dengan sambal udang yang gurih pedas ini. Dijamin bakal lebih semangat bersantap.

clip_image003

Cara Membuat Nasi Kuning Komplit Lauk Pauk

clip_image004

Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas orang Indonesia terutama masyarakat di Jawa. Biasa di sajikan sebagai makanan pelengkap dalam sebuah acara-acara seperti pernikahan, syukuran, atau pun acara adat lainnya. Tentu saja, tampilan nasi kuning sangat menarik dan rasanya juga nikmat dan lezat.
Jika anda biasa membeli nasi kuning atau memesan kepada orang lain, kali ini cobalah buat nasi kuning hasil karya buatan tangan anda sendiri. Lho emang bisa? Tentu saja bisa, kami akan bantu anda membuat makanan tradisional ini. Oke dibantu ya? :D
Pertama-tama sediakanlah bahan-bahan di bawah ini :

Nasi Kuning
Beras 1 kg
1,5 liter santan kental
2 batang sereh
2 ruas kunyit
25 gr garam
3 lembar daun pandan
3 lembar salam
Cara Membuat :
1. Kunyit diparut sambil bubuhi sedikit air, peras, ambil sarinya.
2. Beras dicuci terlebih dahulu kemudian tiriskan, bubuhi santan, garam dan sari kunyit Jerangkan sampai air terserap, angkat, bubuhi sereh dan salam, ratakan.
3. Jerangkan langseng yang sudah diberi air, daun pandan ditaruh di airnya. Jika sudah mendidih, masukkan aronan nasi kuning. Kukus sampai matang ± ¾ jam.
Ayam Goreng Suwir
Bahan-bahan : 2 dada ayam negeri, 2 sdt garam, 1 sdt gula, 4 siung bawang putih, Penyedap, Air asam, minyak secukupnya
Cara Membuat :
1. Dada ayam dibubuhi ± 1 cangkir air.
2. Bumbu gula dan garam digerus, campurkan, masak sampai ayamnya empuk dan airnya habis.
3. Dinginkan lalu sebit-sebit agak kasar.
4. Gerus bawang putih bubuhi 1 sdm air asam, bubuhi sedikit penyedap, larutkan dengan ½ jam lalu goreng sampai kuning kecoklatan (jangan sampai kering).
Sambal Goreng Tempe
Bahan-bahan : 1 papan tempe ± 700 gr, 3 lombok merah iris halus, 3 siung bawang putih, 5 biji bawang merah, 1 batang pete, kupas, iris-iris, 3 lembar daun salam, Seiris laos memarkan, Gula jawa agak banyak, garam, Sepotong terasi, 1 sdm air asam, minyak goreng.
Cara Membuat :
Tempe diiris persegi kecil, goreng sebentar, angkat, sisa minyak dipakai untuk menggoreng pete, angkat. Kurangi minyaknya, pakai untuk menggoreng irisan bawang, jika sudah ½ matang masukkan irisan lombok, aduk-aduk sebentar, masukkan rempah-rempah, tempe dan pete goreng, bubuhi ± 1/2 cangkir air lalu masukkan bumbu-bumbu, aduk-aduk sampai airnya terserap, angkat.
Serundeng
Bahan-bahan : Kacang goreng 2 ons, Kelapa parut dari 1 kelapa dicampur dengan bumbu yang sudah digerus, 4 butir bawang merah, 1 butir kencur, 2 siung bawang putih, 1 sdm bubuk ketumbar, dan 4 daun jeruk purut.
Cara Membuat :
Panaskan 3 sdm minyak di wajan, masukkan kelapa yang sudah diratakan dengan bumbu-bumbunya, sangrai sampai hampir kuning, taburkan 1 sdt garam dan 4 sdm atau lebih gula tepung, ratakan, lalu rasakan, bubuhi garam dan gula sampai rasanya cukup, aduk-aduk terus sampai kelapa kering betul, angkat, campurkan kacang goreng.
Catatan:
Nasi kuning dihidangkan dengan lauk pauk tersebut ditambah dadar telur, abon atau teri asin, sambal, emping dan lalap berupa mentimun dan daun kemangi.

Rsep Nasi kuning 2 dari : http://duniakulinernusantara.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-nasi-kuning-komplit-lauk.html

 

Resep Nasi Kuning Tumpeng Komplit

Resep Nasi Kuning Tumpeng Komplit spesial khusus perayaan. Nasi kuning identik dengan pesta, tapi banyak loh yang gak tau cara membuat nasi kuning tumpeng ini. makanya saya pun mencari resep masakan ini khusus untuk pribadi, ceritanya koleksi supaya kalau butuh bisa tinggal aktion aja.
Bahan bahan yang dibutuhkan:

· 800 gram beras putih yang bagus

· 200 gram beras ketan yang bagus

· 1200 ml santan kental dan segar

· 1 sendok makan kunyit halus

· 2 sendok makan garam

· 4 lembar daun salam

· 1 lembar daun pandan

· 2 batang sereh

· 1 sendok makan air jeruk nipis.

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng Komplit:

- Pertama Campur beras dan beras ketan, lalu cuci bersih dan tiriskan sampai kering, selanjutnya dikukus.

- Sementara itu campur kunyit dan santan, kemudian saring dan buang ampas kunyitnya. Masak bersama daun salam, pandan dan juga sereh. Tambahkan garam sekucupnya. Masak hingga mendidih, kalau sudah Matikan api.

- Masukkan beras yg masih panas tadi kedalam santan, aduk aduk hingga rata. Biarkan hingga santan terserap habis, dan beras menjadi aron. Tuangi air jeruk nipis. Aduk aduk rata.

- Terkahir Kukuslah beras aron itu selama 20 menit, lalu angkat. Cetak dalam cetakan tumpeng, tapi jangan lupa ujung lancipnya sudah dialasi daun pisang dan dipoles sedikit minyak sayur supaya gak lengket..

Dibilang susah juga gak namun perlu ketelatenan saja. Nasi kuning ini dibuat oleh seorang chef ternama yang sudah banyak membeberkan rahasia resepnya jadi kemungkinan besar pasti enak. Semua tahu bahwa masakan ini masih banyak pelengkap yang harus ditaro diatasnya jadi so saya nanti buka semua pelengkap Resep Nasi Kuning Tumpeng Komplit ini.

Keterangan :
Waktu Memasak: 1 Jam 30 menit dan Menghasilkan: 1 Tumpeng ,

Mengandung : 330Kalori

Resep ini mendapatkan : 5 Bintang oleh 89 Resensi, Updated: 22 April 2013

Resep Nasi Kuning Tumpeng Komplit

ditulis oleh Yuswanti
Resep nasi kuning 4 sumber dari : http://resep4.blogspot.com/2013/04/resep-nasi-kuning-tumpeng-komplit.html

 
==========================================================

 

Resep nasi kuning 5 :

Resep Membuat Nasi Uduk, Nasi Kuning Special

Resep Membuat Nasi Uduk, Nasi Kuning Special - Bagi anda seorang pecinta kuliner, Resep Masakan Nasi Uduk, Nasi Kuning sudah tidak asing lagi dan mungkin suatu saat anda memasak untuk dihidangkan pada anggota keluarga. untuk membuat nasi hidangan ini sebenarnya tidaklah sulit. Berikut adalah ResepCara Memasak Nasi Uduk, Nasi Kuning Special....

clip_image005

Bahan:

1 gelas / takaran beras

2 gelas santan, namun sebaiknya dilebihkan sedikit.

2 iris lengkuas

2 batang sereh

2 iris jahe

2-4 lbr daun salam

2-3 butir cengkeh

garam

pala sedikitnya saja

Cara membuat Nasi Uduk Betawi:

Cuci beras lalu tiriskan.

Masak santan dengan rempah-rempah yang sudah dikeprek-keprek dengan api sedang hingga matang. Perbandingan beras dan air santan adalah 1:2, ini bisa Anda terapkan jika ingin memasak nasi uduk Betawi lebih banyak lagi.

Kemudian, masak beras di dalam santan hingga santannya mengering.

Setelah itu santan mengering, Anda bisa mengukus nasi tersebut dengan dimasak di dalam rice-cooker atau menggunakan microwave.

Nasi uduk siap untuk disantap.

Untuk menambah kelezatan nasi uduk tersebut, tambahkan gorengan seperti ayam goreng, tempe, tahu goreng. Anda juga bisa menambahkan telur dadar yang diiris tipis-tipis, irisan cabai merah dan taburkan bawang goreng sesuai dengan selera Anda.

==============================================

clip_image007

Bahan:

800 gr beras, cuci bersih

1 liter santan dari 1 butir kelapa

Bumbu:

2 sendok makan kunyit parut

2 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

1 sendok makan air perasan jeruk nipis

garam dan lada secukupnya

Pelengkap:

telur dadar, iris tipis

orek tempe

abon

sambal tomat

Cara Membuat:

Kukus beras yang telah dicuci hingga setengah matang, sehingga menjadi beras aron.

Didihkan santan, dan bumbu-bumbu kecuali air jeruk nipis. Setelah mendidih, masukkan nasi aron. Masak di atas api kecil dan terus aduk sampai santan terserap seluruhnya dan agar santan tidak pecah.

Lalu beri air jeruk nipis supaya warna kuning lebih cerah. Setelah santan terserap habis, kukus nasi selama 30 menit atau hingga matang. Angkat.

Sajikan nasi kuning dengan pelengkapnya.

=======================================
Demikianlah yang dapat kami sampaikan kepada anda tentang "Cara Resep Memasak Nasi Uduk, Nasi Kuning Special" semoga bermanfaat bagi anda. Selamat memasak dan mencobanya...

Resep nasi kuning 5 sumber dari : http://infoharianterbaru.blogspot.com/2013/05/resep-membuat-nasi-uduk-nasi-kuning-special.html

 

=================================================

Resep nasi kuning 6

Resep Masakan Praktis

Nasi Kuning
Sumber: NN

NASI KUNING RESEP 1: (SG)
Untuk: 10 orang
Bahan
1 kg beras, cuci bersih
200 gram beras ketan, cuci bersih
150 gram kunyit, parut, peras airnya
1 sendok teh air jeruk nipis
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 lembar daun pandan
3 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
3 cm jahe, memarkan
3 sendok teh garam
1 liter santan
100 gram kacang polong
3 batang wortel, potong dadu 1 cm
2 sendok makan margarin
Daun pisang untuk alas
Cara
1. Campur beras, beras ketan, air kunyit, dan air jeruk, diamkan selama 25 menit, sisihkan.
2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Rebus santan, daun pandan, daun salam, daun jeruk, jahe, dan garam, aduk rata. Setelah mendidih, masukkan beras dan tumisan bawang bombay, aduk rata hingga menjadi aron. Tambahkan wortel dan kacang polong, aduk rata, angkat.
3. Siapkan panci pengukus, kukus aron selama 45 menit hingga matang, angkat.
4. Siapkan cetakan tumpeng, masukkan nasi dalam cetakan dengan cara dipadatkan, cetak diatas tampah yang dihias daun pisang.
NASI KUNING RESEP 2 :
Bahan
1000 gr/ 1kg beras yang pulen
200 gr beras ketan
air untuk perendam beras [secukupnya hingga beras terendam]
2 sendok makan bubuk kunyit
1000 ml santan [1 kelapa tua]
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 tangkai serai memarkan
2 cm jahe dimemarkan
garam secukupnya
2 sendok makan air jeruk nipis
Cara
1. Rendam beras dan beras ketan dalam air yang sudah dicampur dengan bubuk kunyit. Diamkan 30 menit lalu kukus selama 30 menit.
2. Sementara itu rebus santan bersama daun jeruk, serai, jahe dan sedikit garam sambil diaduk hingga mendidih.
3. Masukkan beras dan masak sambil diaduk sampai air terserap. Tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata.
4. Kukus sampai matang. Selagi panas, cetak dl, cetakan tumpeng. Biarkan agak dingin lalu tuang ke atas tampah yang telah dihias.

Video Terkait: Memasak Nasi Kuning

Resep nasi kuning 6 sumber dari : http://www.dunia-ibu.org/dapur/resep-61/nasikuning.html

===============================================

 

Resep Nasi Kuning Comments

NASI KUNING

Untuk 5 orang

Bahan

1 liter beras

1/4 liter santan

1 sendok makan kunyit, parut, rebus dengan 50 cc air, saring

2 lembar daun pandan, dikoyak, ikat

2 lembar daun salam

1 batang sere

1 sendok makan garam

1 sendok teh air jeruk nipis

Cara

1. Campur santan dengan air kunyit, daun pandan, daun salam, sere, dan garam, didihkan.

2. Kukus beras sampai setengah matang, lalu letakkan dalam panci, tuangi santan mendidih sambil diaduk hingga santan habis terserap.

3. Beri air jeruk nipis, aduk rata, lalu kukus kembali sampai matang.

Sumber : http://resepnasikuning.com/resep-nasi-kuning-2.html

 

 

Resep Nasi Kuning0 Comments

NASI KUNING :

Untuk 6 orang

Bahan

4 sendok makan minyak sayur

4 siung bawang putih, cincang halus

100 gram bawang bombay, cincang halus

2 batang daun bawang, potong ukuran 2 cm

100 gram paprika merah, buang bijinya, potong bentuk dadu

200 gram daging ayam, potong bentuk dadu

200 gram udang kecil

500 gram beras, cuci, tiriskan

1 sendok teh merica bubuk

2 sendok teh garam

1 sendok makan air jeruk nipis

750 cc kaldu ayam

1 sendok teh kunyit bubuk, cairkan dengan sedikit air

20 butir telur puyuh, rebus, kupas

75 gram daging sapi asap, iris tipis memanjang

3 sendok makan bawang merah goreng

Cara

1. Panaskan minyak sayur, lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga harum dan layu.

2. Masukkan daun bawang dan paprika merah, aduk rata, masak hingga layu, lalu tambahkan daging ayam dan udang, aduk rata, masak hingga kaku.

3. Masukkan beras, aduk hingga terlumuri rata oleh minyak sayur, lalu tambahkan garam, merica bubuk, dan air jeruk nipis, aduk rata.

4. Masukkan kaldu ayam dan air kunyit, aduk rata, masak hingga mendidih dan kaldu ayam terserap habis oleh beras, matikan api, lalu tambahkan telur puyuh dan daging sapi asap, aduk rata.

5. Kukus dalam dandang panas selama 30 menit hingga matang, angkat, lalu taburi dengan bawang merah goreng di atasnya, sajikan.

Sumber dari : http://resepnasikuning.com/resep-nasi-kuning.html

1 komentar: